Sedulur Papat Limo Pancer

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, paham “sedulur papat limo pancer” sangat kental. Yang dimaksud dengan sedulur papat limo pancer yaitu saudara yang menemani sang jabang bayi saat lahir. Yang secara umum banyak orang mengenal dengan istilah kakang kawah adhi ari-ari, yang disebut ini baru dua dari 5 bersaudara.

Adapun nama – nama sedulur papat , yaitu : Watman, Wahman, Rahman, Ariman. Sedang penyebutan limo pancer sendiri yaitu si jabang bayi yang lahir.

Watman berarti “Wat” kondisi si Ibu yang sedang mengalami perasaan pertama untuk melahirkan, mengejan.

Wahman berarti kawah, jalan lahir, terbukanya jalan lahir.

Rahman berarti darah yang keluar.

Ariman berarti ari-ari atau plasenta yang keluar setelah si jabang bayi.

Nama-nama diatas biasanya dipanggil apabila si jabang bayi sedang atau memerlukan bantuan dari para “sedulur”nya.

Setelah Islam masuk di Jawa, konsep ini masih ada. Hanya saja mereka dianggap malaikat-malaikat penjaganya. Adapun nama-namanya berubah seperti Jibril, Mikail, Isroil, Israfil

Dalam konsep sedulur papat limo pancer, masyarakat Jawa juga menggunakan hari pasaran legi, pahing, pon, wage dan kliwon yang dihubungkan dengan arah mata angin.

Legi dengan posisi di Timur

Pahing dengan posisi di Selatan

Pon dengan posisi di Barat

Wage dengan posisi di Utara

Kliwon dengan posisi di Tengah

Seperti pada kepercayaan lama/kuno, sisi timur merupakan sisi yang tertua. Karena itu kenapa Legi ada di posisi timur. Kliwon menunjukkan posisi sentral, posisi yang tertinggi. Seperti si jabang bayi yang ada diposisi pancer / pusat.

Kembali lagi ke sedulur papat limo pancer, didalam keyakinan Kejawen orang dapat menemui sedulurnya, dapat saling berkomunikasi. Adapun rupa sedulurnya mirip dengan si jabang bayi itu sendiri, dan mereka akan menjaga sampai titi wanci-nya.

 Rahayu

About these ads

67 Comments »

  1. hadi said

    salam kenal
    saya add alamat situs ini di situs saya
    kalo boleh. tapi blom dapet ijin sudah saya pasang
    terimakasih

    artikel Watman, Wahman, Rahman, Ariman, saya baru denger.
    kalo ada di buku, buku apa bro

    thx

  2. rwahjoe said

    Terima Kasih, Matur Suwun

    Silahkan untuk di add, saya tidak keberatan, malah saya berterimakasih, karena ada yang kelupaan untuk setting comment… thx bgt…

    Artikel Wat, Wah, Rah dan Ariman, kalo dicari apa bukunya saya sndiri tidak tahu, karena pengetahuan yang ini di masyarakat Jawa jarang sekali yang tahu. Dan biasanya pengetahuan ini diturunkan dari keluarga. Seperti yang saya dapat juga dari keluarga.
    Mungkin ini bisa sedikit mengobati kekecewaan m’Hadi untuk mencari bukunya, ato m’Hadi yang bikin juga nggak papa kok… :)
    Ato mungkin masi ada ganjalan sumonggo ….

    Thx

  3. doso said

    Mhn bgmn cara kita agar bisa ketemu saudara kita sedulur papat loimo pancer.

    Thx.

  4. [...] http://wungu.wordpress.com/2008/03/10/sedulur-papat-limo-pancer/ [...]

  5. Gofar said

    Mas, aq tertarik bgt soal dulur papat limo pancer ini, gimana caranya supaya qta dpt menemuinya, tlg ksh tau ya atau krim di email saya ofarabduh.s@gmail.com

  6. adikayu said

    Salam kenal Mas Wahyu,
    Saya ada mewarisi ilmu SPLP dari mentua (arwah)dari Ponorogo…tapi sayang dia meninggal sebelum semua beres.
    Sudi sekiranya Mas membuat koreksi atas bahawa jawa (saya suku melayu/islam) juga tatacara amalannya .
    Mohon maaf,terima kasih.
    Salam ikhlas

  7. yoyok bp said

    Mas .. saya ini pingin belajar tau tentang diri saya sebenarnya, piye carane mas ? Aku diajari nggih ?

  8. roy said

    Untuk sedulur papat, apa bisa dilihat dengan mata telanjang. Trus masing2 dulur apa bisa di ajak komunikasi. ??

  9. yudi sutiyanto said

    Maaf selelumnya. Aku senang dalam hal ilmu apa aja,apalagi kejawen. banyak hal yang aku belem mengerti ann kirang paham. Dulur 4,5 pancer katah ingkang ngartikaken. Bilih angsal tangleg lan kerso njawab,kulo bade taten; kanti kang sejati arti kalian panggenan dulur 4,5 pancer niku nopo lan hubungl kalih sedulur tua sedulur enom,bapa among – among biyung among – among, kalian bab pecahanining raga. tirimak kasih.

  10. gesang86 said

    Salam kenal…dari bocah pesisir selatan….lanjutkan….brow,pelestariannya…Islam kejawen!!!!

  11. HERRY CENTER said

    Mf saudar2ku setahu saya dlm ilmu ma,rifat atau pengenalan diri 4 papat 5 pancer itu asal kejadianya 1 juga. dr pd nor muhammad jd ini yg seharusnya kita pelajari untuk jalan menuju kembali. mf kiranya kalau saya salah.

  12. jati said

    Para sedulur semua, sekedar masukan.
    Dalam membahas ttg kejawen kok selalu dikait-kaitkan dengan islam, apakah itu sudah bener ?
    Kejawen berbeda dengan islam, coba bayangkan, islam baru ada 1500 tahun yang lalu, sedang kejawen sudah ada sejak 6000 tahun yang lalu. Mana mungkin mengenal istilah dari arab ????
    Jadi kalo ada bahasan kejawen namun penuh dengan kombinasi istilah arab, maka perlu dipertanyakan !!!!!
    Kejawen bukan arab, juga bukan klenik, tapi ajaran spiritual tulen dari nusantara khususnya Jawa.

    • tp jawa, eropa dll,, semua berasal dari jazirah arab,, walo belum turun islam,, manusia (ADAM) pertama kali diturunkan oleh tuhan yang bernama Alloh adalah di jazirah arab,, kecuali paham kejawen mengatakan tuhannya bukan Alloh pencipta Adam,, he he he

  13. denny said

    Salam kenal mas…ada hubungannya sama bahasan mengenai 4 nafsu manusia yang aluamah (hitam), amarah (amarah), sufiah (kuning), dan mutmainah (putih) itu???

    • aldy said

      numpang sharing nggih…sama2 awam hanya sedikit wawasan, bnr apa yg mas denny katakan 4 hwa nfsu & itulh sbnrny yg d mksd dgn 4 brsaudr 5 pancer (tengah) dlm islam. dlm ilmu jawa hitm, putih, kuning, & merah…unsur : air, api, tanah (bumi), & angin..kesemuanya tdk berwujud (astral/sukma) & hny batiniah yg dpt meliht & merasakn kebradaan mereka. dlm islam..hwa nfsu yg plng berat utk d perangi yaitu yg kita sebtkan d atas bgitu jg dlm ilmu jawa, beda cara/ makna tujuan tetap satu yaitu : “SANG PENCIPTA ALAM”. Dalam Real…bnr2 suatu bahasan yg sngt berat..!!! satu contoh, jika sy bertanya dimnakh arah mata angin (timur, barat, selatan & utara) yg sebnrnya..sedngkn dunia ini bulat. coba pecahkan pertanyaan saya diatas. trim’s

      • Anak Ingusan said

        Dear mas Aldy:

        Saya yg akan memecahkan pertanyaan anda mengenai arah mata angin.
        Jawabannya…ada pada diri (jasad/jasmani) anda sendiri. Apa perlu saya sebutkan dimanakah letak detailnya arah tsb ?

  14. firdaus said

    Assalamu alaikum, saya mau tanya? saya dulu pernah baca di majalah… katanya, anak yang baru lahir ( bayi ) bisa dibangkitkan sedulur papat limo pancer, oleh orang tuanya…, nah pertanyaan saya apakah bisa ? dan klo bisa gimana caranya?

  15. kaweruh e ingkang kathah maleh nggeh… kulo pingin ngangsu kaweruh ingkang sanget

  16. utsukushi said

    salm kenal
    saya setuju dengan saudara jati bahwasanya kejawen itu bukan islam .kejawen adalah murni ajaran orang jawa /tuntunan orang jawa dari jaman jo majujo, jadi tidak ada kaitanya dengan islam kristen atapun yang lain.nah kenapa banyak kejawen ada unsur bahasa arab ,ini perlu dingat jaman peralihan dari hindu keislam (majapahit ke demak),pada jaman itu dipulau jawa pengaruh sangat kuat sehingga sangat susah utuk paham lain bisa masuk ke pulau jawa,dari situ para sunan mengkombinasikan antara islam dengan kejawen sehingga hampir mirip,yang sebanarnya islam tapi mirip kejawen , sabagai contoh ada yang kejawen berdoa depanya pake salam bismilah tapi ditengah nya ada kalimat jawa bahkan ada nama dewa juga,apalgi menyangkut sedulur 4 5 pancer wah itu dah ga karu karuan lagi ,dah diubah pake bahasa arab dengan banyak istilah , padahal itu asli jawa ,coba kalo memang itu bahasa arab coba sebutin pake bahasa arab yang asli trs ada di surat apa ayat apa ???????? ayoo kalo ada mohon shariing salam kenal

  17. jebeu said

    salam kenal semuanya, menurut aku ‘manunggal sejati’ dulu ‘sedulur papat’ di jiwa raga kita baru bisa mengetahui ‘limo pancer’

  18. asih sofi yani said

    jadi sedulur papat limo pancer itu setan atu bukan???????? apa berbentuk kya manusia pa kya arwah ghitu

  19. putri said

    apakah jika mengalami proses persalinan dengan cara oprasi,apakah si bayi msh punya dulur papat limo pancer???

  20. hadi said

    assalamu’alaikum wr.wb
    mau tanya.. tentang cara untuk untuk menemui”berkomunikasiu”sedulur kita yang sering di sebut sedulur papat limo pancer?
    karena saya juga mempelajari ilmu kejawen tapi sudah bercampur2 dan saya ingin bertemu dan bagai mana sih sebenarnya sejatinya?

  21. sin absorber said

    syareat dalam hakekat
    hakekat dalam syareat

    pencipta dan ciptaan adalah satu…..

    kejawen adalah hakekat dari islam itu sendiri……
    utsukushi ….
    alquran adalah kitab suci yang didalamnya adalah tulisan hakekat sangkan paraning jagat sangkan paraning dumadi…
    apa sih yang nggak ada didalamnya…?????
    kalau orang masih bertanya2….soal apa yang terjadi dengan membandingkan keagungan alquran….masih perlu dipertanyakan sisi keislamannya….

    monggo

  22. sin absorber said

    putri…..
    sedulur papat limo pancer adanya dialam hakekat….
    bahkan sampai mati juga masih mendampingi….itu yang kekal dalam pribadi kita (Allah)
    hadi…
    kalau mau ketemu….diberi hadiah saja….berupa doa…

    monggo

  23. darmawan said

    Ass. Wr. Wb.
    Salam kenal kagem sedoyo sederek
    Menurut pemahaman kulo, bongso jawi niku secara hakikat masyarakat ipun sampun Islam sak dereng ipun kanjeng Nabi Muhammad lahir dateng ndonyo, cuman dereng ngenal syariat Islam.
    Saat poro wali nyebar aken Islam dateng tanah jawi, katah kearifan kearifan lokal tanah jami ingkang sampun Islam amargo niku kaliyan poro waliyullah niku dilestari aken. Lan secara syariat diselaras aken.
    Tujuan nipun nyebar aken Islam niku ngIslamke tanah jowo nopo ngarabeke tanah jowo?
    Islam niku menurut pemahaman kulo ingkang tasih cethak universal…
    Mboten terbatas dateng budaya kaliyan baso arab kemawon.
    Kulo tiyambah tiyang ingkang remen lan lagi tumut uri-uri kabudayan jawi sak saget kulo.
    Eman menawi kebudayaan ingkang agung niki mboten lestari.
    Monggo sami2 uri-uri kabudayan jawi sak saget ipun tiyambak-tiyambak.
    Ngampuntenipun menawi wonteng ingkang lepat.
    Wass. Wr. Wb

  24. irfan e.k said

    salam kenal…

    saya sangat tertarik dengan perbincangan sedulur sekalian…
    pembahasan sedulur 4,5 pancer .. itu sebenarnya mengasik’kan…
    tetapi secara pengkajian alahkah baiknya bila dilakukan secara dua mata atau kurang dari 4.. sebab yang dikaji menurut saya adalah Batin.. yang menuntut suatu kemurnian sejati … yang akan membawakan menuju Islam Sejati.
    tetapi kita harus mengetahi:
    1. TriLoka 2. TriMurti 3.Tritungal 4.Tunggal Sejati
    coba bandingkan dengan
    1. Syareat 2.Hakekat 3.Tarekat 4.Makrifat

    jadi sama saja gak ada perbedaan…
    dan saya menyukai perkataan orang dulu
    ” Mau menerima sesuatu yg tidak kita sukai, menjadi sesuatu yg kita sukai dan maklumi secara bijak sana ”

    Mohon maaf bila ada tulisan saya yang salah mohon dikoreksi, sebab saya manusi penuh akan kekurangan.

  25. ahmad said

    manteb nenging kulo mboten mudeng…

  26. wahyu said

    mohon petunjuk cara menemui/berkomunikasi dengan sedulur papat langsung di email aja mas raja_jendra@yahoo.com

  27. wiro said

    mohon petunjuk cara menemui/berkomunikasi dengan sedulur papat langsung di email aja mas dirlytjokro@yahoo.com

  28. wery said

    apakah kita bisa merasaan jika sedulu 4 5 kita sedang tidak akur dg kita? masih dg pertanyaan yg sama, bagaimana caranya bertemu?

  29. pendekar hati said

    sayangilah dirimu ikuti kata hatimu dan jujur
    tekad ucap lampah lakukan yg benar

  30. wahyu said

    nyuwun sewu sederek sedanten, saya terlambat merespon pertanyaan. Yang rata2 tanya untuk menemui bagaimana… pertama kali kita harus jujur pada diri sendiri, tenangkan gejolak jiwa, stabilkan riak pikiran.
    karena masing2 sedulur memiliki sifat yang beda2, maka ketenangan sangat diperlukan.
    ……. (bersambung)

    • semua dari pertanyaan saudara itu semua ada proses yang khusus yaitu melalui ruwatan jawa

  31. manahrasa said

    ……….jangan merasa kita paling bisa………..ilmu yang ada didunia ini …….tidak ada salahnya kita ketahui,pelajari,amalkan……..bagaimana kita mau bisa sesuatu kalo hati kita tertutup untuk belajar…..jujur aja….MANAHRASA ingin belajar mengena sedulur papat limo pancer…..jika memang bermanfaat sesuai syariat agama….quran dan hadist……akan saya amalkan……..

  32. tabah said

    coba jelaskan sedulur papat limo pancer kaitannya dengan malaikat jibril, mikail,isrofil,izroil. Apa benar dhanyang itu dari manusia yg meninggal yg kurang sempurna ? Bagaimana dengan aluamah, amarah,sufiah,mutmainah ?Bagaimana dengan elemen manusia terbuat dari angin,tanah,air,api? bagaimana tatacara memohon pd Alloh apa harus lewat bantuan makluk lain,atau langsung pd Alloh ? co ba jawab pertanyaan saya ,trims.

  33. Abdullah Umiy said

    Sedulur papat bukan konsep kejawen saja
    seluruh belahan dunia mengenal ajaran tsb, termasuk islam

    cuma ya pasti bahasa nya berbeda, karena yang pake istilah bahasa jawa ya hanya suku orang jawa, sedang jawa pada awalnya adalah kerajaan hindu budha, jadi konsep sedulur papat dari mana lagi kalau bukan ajaran hindu yang bertranformasi dalam istilah kebudayaan
    jawa.

  34. Assalmualaikum…..
    sedulur 4-5 badan ato apapun yg berhubungn dgn ke-Tuhan-an,itu smua peninggalan syareat Adam,Kholifatullah,yang dasarnya ad pd Al Quran dgn bersmber pd badan manusia.Fahamilah Alquran.yg nerupakn pedoman pelengkap n penyempurna kitab2 sebelumnya.

  35. sigit said

    Tlg sy dibantu cara komunikasi dgn sedulur 4.nwn

  36. triwahyuning said

    jujur saya punya bakat dlm hal gaib. saya ingin menggunakannya untuk membantu sesama. bisakah dng bantuan sedulur papat limo pancer, saya aplikasikan dlm kehidupan??…di email aja ya jwbannya…tiwutri@yahoo.co.id

  37. dhenhiz said

    salam semuanya ,,
    saya juga tertarik dgn kata2 sedulur papat limo pancer,,
    krn konon katanya kita lahir d dampigi oleh ke 4 saudara kita,,,
    yaitu kakang kawah,adhi ari ari,getih/darah,dan puser…

  38. DzulFaqor said

    1) Katanya kalau kita punya sedulur papat, maka sedulur papat itu akan membantu kita, misalnya jika ada orang lain yang membicarakan kita maka sedulur papat milik kita akan mendatangi orang tersebut, mendengarkan pembicaraannya, kemudian melaporkan apa yang dibicarakan orang itu kepada kita. Apakah itu betul ?
    2) Bagaimana caranya agar sedulur papat milik orang lain tidak bisa memata-matai kita ?
    3) Bagaimana ciri-ciri (yang dapat dilihat secara kasat mata) orang yang memiliki sedulur papat ?
    4) Apa dampak negatif jika kita memiliki sedulur papat, karena segala sesuatu pasti ada dampak positif dan negatifnya ?
    5) Apakah ada pantangan yang harus dihindari bagi orang yang memiliki sedulur papat ?

    (mohon dijawab via e-mail)

  39. suradi said

    ikkutan mas aku jga mai gimana caranya mnemui sedulur papat

  40. tajir said

    Sedulur papat limo pancer Artinya: Empat kitab suci, kitab Taurat, Zabur, Injil, sudah jadi satu di dlm Alqur’an, artinya Alqur’an sudah dlm arti sempurna di turunkan yg maha kuasa sebagaimana untuk pedoman bagi manusia. Limo Pancer artinya sebagaimana pelengkap kesempurnaan hidup manusia adalah CAHAYA, degan adanya cahaya bacalah jadikan alqur’an suatu pedoman.
    Matahari memancarkan sinar nya, memancarkan nyata arti sinar kehidupan, mata hati menjadi kegelapan terangilah degan akal pikiran.

  41. vicky said

    salam…
    saya sedang belajar pernafasan yang mengarah pada kejawen papat limo pancer…nama perguruannya pagsi bayu husada. ada yang tahu? pusatnya ada di solo

  42. salam kenal

    Saya pecinta warisan budaya Jawa, termasuk ilmu kejawen. Saya sangat bersimpati kepada mas admin penulis ini yang telah mengingatkan budaya ilmu kejawen tentang sedulur papat limo pancer enem nyowo pitu sukmo kakang kawah adi ari ari atau bisa juga disebut ilmu slamet.

    Saya minta mas admin buat posting lagi tentang sedulur papat limo pancer lagi yang lanjutannya ini.

    Saya senang membacanya, Terimakasih.

  43. bayu_pagsi lebah putih said

    Salam kenal, mas wahyu, saya dulu sudah pernah belajar tapi hanya T1, sekarang tidak pernah berlatih ( maklum jauh dari guru), apakah harus dibuka lagi, mohon sharingnya, maturnuwun

  44. Darminto said

    Salam kenal, saya sedang berusaha untuk memperdalam “kaweruh kejawen” , minta tolong diberi saran/masukan dimana sebaiknya saya berguru? Adakah orang yang dapat membimbing untuk memperdalam kejawen? Terima kasih bayak.

  45. iyul said

    assalamualaikum,,salam seduluran semua buat tmn2 yg ikut nyimak situs ini,khususon buat yg punya situs,sy jg pengen tanya sbener nya tirakat apa yg harus kita lakoni agar kita bs nyatu dgn sedulur 4 kita,maaf sblm nya karna sy msh awam blm tau apa2,,

  46. Awang said

    Ora enek sing luwih ngerti bosone ati sak laine sing nduwe ati. kabeh ora enek sing bener…. sing bener yo sing rumongs

  47. AZMIE BIN MANSOOR said

    Salam, boleh saya tahu “Sedulur Papat Limo Pancer” adalah jenis malaikat ataupun jenis jin?!

  48. tatang said

    opo io

  49. mantap

  50. HIMAWAN DEWATA said

    Nyuwun sewu sakderengipun mau urun rembuk mengenai dulur 4’5 badan.mengenai kepingin menemui saudara kita,puasa weton kita selama (pendak) 24 jam,ingat dulur wetan meniko putih,kidul merah,kulon kuning,lor hitam jangan akpek salah naruh kesukaanya. Saya udah 9 th belajar dulur 4″5pancer dari kakek saya matur nuwun

    • Anak Ingusan said

      Menawi Angsal ngertos Mas Himawan Dewata; puniko nopo leres anggadahi nami ? sinten mawon naminipun ? maturnuwun sanget.

  51. Abadi Jaya said

    Mf, mau urun rembuk kalau boleh, membicarakan sesuatu yang tidak nampak atau sekedar mitos yang tidak ada pakem resminya pasti banyak penafsirannya dan masing-masing susah untuk dipertanggung jawabkan secara ilmiyah di atas ada yang bilang sedulur papat limo pancer itu watman dkk, ada yang bilang jibril dkk, ada juga yang bilang taurat zabur dll. ada lagi yang bilang wetan dll. Ini membuktikan bahwa kepercayaan ini hanya dari turun temurun hasil sinkretisme ajaran terdahulu pra islam yang masih melekat dibanyak benak kaum muslimin lebih bijak kiranya bagi yang beragama islam untuk mencocokkan dengan aqidah islam yang murni dengan lapang dada. Seandainya tidak ada dasarnya dari ajaran islam maka menjadi sia-sia menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari yang seperti ini yang manfaatnya sudah makin kurang relevan dengan zaman modern ini. Kita ingat tujuannya hanya untuk kesaktian ujung-ujungnya, sedangkan kesaktian sendiri tidak bermanfaat menolak siksa neraka, semoga di nulan puasa ini kita semua mendapat hidayah untuk kembali kepada Allah, SWT dengan sebenarnya. Amin

  52. Mikojatmiko said

    …..sekeping Local Genius yg disepelekan-disampahkan oleh Pengetahuan Modern-orang yg menganggap dirinya Modern-yg ingin total jadi Barat,. Hi hi,.sementara Barat sudah sejak 1970 dg gerakan Back to Nature-Flower Generation-berbondong2 utk dapat Kebijaksanaan hidup dr Timur (Indonesia, dll),.. Nuwun atas Kepeduliannya,,. (mikojatmiko-Jogja-2012)

    • NIK said

      Setuju ama mas mikojatimiko….mereka yg berfikiran “modern” atau yg hanya belajar dengan berpandukan pada “tulisan/kitab2″ tidak sedar bahawa pati sesuatu agama itu adalah berpusat dan tidak terlepas pada factor KEROHANIAN (perkara2 yg ghaib!) samada diri TUHAN atau diri DIA sendiri! Oleh itu laku batin sedulur papat lima pancar adalah salah satu jalur kerohanian dalam istilah “seni latihan rohani” orang2 jawa sebelum islam/arab mampir ke nusantara,maka pada pendapat saya latihan seni ini tidak boleh di anggap sebagai satu “AKIDAH” dalam kontek agama tetapi hanyalah satu bidang “seni warisan leluhur jawa kejawen”.Jika nasi uduk telah menjadi seni warisan makanan jawa dan jika orang2 jawa tidak makan seperti gandum/kurma/air zam-zam sebagai makanan harian mereka akan di anggap sebagai salah akidah dalam agama?
      Bagi mereka yang yakin tuhan itu ada walaupun bersifat ghaib! dan juga yakin bahawa dia mempunyai roh walaupun bersifat ghaib! hanya akan ngerti/menilai apa sebenar konsep kejawen ini.
      Orang nusantara dengan budaya sendiri…dan orang arab dengan budaya sendiri…maka kalu kita asli orang nusantara tidak perlu bangga lebih2 mau jadi seperti orang arab.
      Wasalam.

  53. Yerry chris said

    Cipta, rasa, karsa dan karya menyatu dalam hati nurani

  54. jmt said

    Salam Ikut nyambung
    # Berbicara masalah empat kelima pancer adalah tentang kebatinan tingkat tinggi dan tetang jati diri kita sendiri ( Hakekat diri kita sendiri ) tidak bisa dibanding bandingkan dengan kejawen atau islam . Sebab hal tersebut antara kita dan keyakinan kita terhadap sang pencipta sesuai dengan agamanya yg diyakini dan untuk belajar tentang ilmu tersebut harus ada bimbingan dari yg berpengalaman kalau tidak nanti akan salah jalan malah bisa nyasar kejalan yang sesat !!@!.

  55. komeng said

    ASSALAMUALAIKUM WARROKHMATULLAHHIWABAROKATUH,,,,,

    yang terpenting adalah sholat 5 waktu sholat sunah n wirid, n bener bener tunduk sama ALLAH SWT. insya ALLAH, njennganipun bisa semerep sedulur 4’5 pancer,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    MENUNGSO IKU SANIKI PENGINE PRAKTIS,,,,,,,,,,,,, DAlam arti tidak ingin cape, alias cuman bayar udah langsung bisa melihat,,,,,,, hhahahah, dah sebelum kau tahu tentang 4’5 pancer lebih baek kamu deketkan dulu sama ALLAH, insya ALLAH kau akan mengetahui tentang 4’5 pancer, cuman satu fikiran hati ucapan jadi satu, dengan di bukakan dengan lapang dada dengantunduk dengan menghadap kiblat, { sujud sembah sama ALLAH}

    MENUNGSO IKU OJO CUMAN NANGKRING TOK NENG DUNYO, TAPI MENUNGSO KUDU BISA SUJUD KARO SING KANG GAWE URIPE NJENGAN LAN ALAM IKI,,,,,,,,,,

    PUN NGGIH KADOS NIKU MAWON,,,,,,, WASSALAM MUALAIKUM

    • Evia Elfishy said

      Mas saya tertarik dengan ilmu yang dia atas. Saya ingin bertemu dg papat limo pancer saya dan brkomunikasi, gmana caranya. Mohon bantuanya.
      Ini k email saya Evia.elfishy@gmail.com

  56. Tri Yuda Abimanyu said

    Maaf sy cuma orang yg bodo,d Islampun ada gambaran bahwasannya sedulur papat lima pancer itu Nabi n sahabatnya..Nabi sebagai pancer…maaf minta koreksi jika sy salah..

  57. jdm h22a has confirmed that the skydiver who was killed was
    a Brazilian-born Briton, German Junior Alvares de Silva,
    from London. Part of the massive 2010 jdm h22a Recall a week ago.

  58. dwi said

    mas sebenernya aku belum mengerti apa yg di maksudkan di atas karena ini kali pertamanya aku mendengar itu pun karena di suruh saudara untuk searching di google atas pertanyaanku bagaimana mengenal apakah di dalam diri kita terdapat jin jahat, terus di suruh cr di google ttg ilmu kejawen empat sekawan ke lima pancer, kakang kawah adi ari ari…. tolong bantu aku mas yg di maksud kan ilmu ini itu bagaimana dan bagaimana cara menghubungkan dengan pertanyaanku itu… terimakasih

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: